Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondok Pesantren SMKN 1 Sukanagara


smkn1-sukanagara.blogspot.com
Bismillah wallhamdulillah untuk pertama kalinya, SMKN 1 Sukanagara mempunyai santri berjumlah sepuluh orang. Walaupun terbilang sedikit tetapi ini merupakan cikal bakal lahirnya puluhan dan ratusan bahkan ribuan santri SMKN 1 Sukanagara kelak dimasa yang akan datang. Insya Alloh Aaaamiiin...

Program kegiatan Boarding School (Pondok Pesantren) di SMKN 1 Sukanagara sudah disosialisasikan kepada seluruh orang tua siswa. Sosialisasi tersebut disampaikan pada acara rapat Komite Sekolah bersama seluruh orang tua siswa kelas X, XI dan XII tanggal 20 Juli 2016. Dari pertemuan tersebut, diharapkan orang tua dapat memahami latar belakang dan tujuan dibukanya Pondok Pesantren di SMKN 1 Sukanagara.


Keberadaan pondok pesantren di SMKN 1 Sukanagara, dilatarbelakangi oleh sebuah niatan dari pihak sekolah, untuk memberikan fasilitas tempat tinggal bagi siswa yang rumahnya jauh dari sekolah. Kemudian tercetus sebuah gagasan, bahwa siswa yang memilih tinggal di sekolah diberikan pembinaan untuk mendalami ilmu agama berciri khas kepesantrenan. Dengan tujuan agar mereka dapat membekali dirinya berbagai disiplin ilmu keagamaan sehingga menjadi pribadi bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya (Khoirunnaas Anfa’uhum Linnas). Selain itu, melalui kegiatan harian (amaliyah yaumiyyah) yang disusun secara sistematis dapat membentuk perilaku yang baik (akhlakul karimah) yang tercermin dari tutur kata dan tingkah laku yang mereka perlihatkan dalam hubungannya dengan sesama manusia (Hablum minanaas) dan lingkungan sekitarnya (Hablum minal Alam). Melalui jargon Dzikir, Fiqir dan Amal Sholeh diharapkan mampu menjadi motivasi tersendiri bagi mereka dalam menjalani hidup dan kehidupan mereka hari ini, nanti dan seterusnya.






Posting Komentar untuk "Pondok Pesantren SMKN 1 Sukanagara"