Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Sukanagara; Optimalkan Program Keagamaan Berbasis Pesantren


Penguatan Pendidikan Karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini diatur melalui Perpres no 87 tahun 2017. 


SMK Negeri 1 Sukanagara sebagai satuan pendidikan memiliki tanggungjawab dalam membentuk karakter peserta didik. Maka pada tahun 2016/2017 dilaksanakanlah program pengembangan keagamaan berbasis pesantren. Singkatnya, sekolah menyediakan pondokan bagi siswa untuk tinggal sekaligus belajar ilmu keagamaan khas kepesantrenan (kajian kitab klasik/kuning) dan mengikuti program tahfidz Quran.


Program keagamaan berbasis pesantren ini dinilai efektif dalam membentuk karakter peserta didik (santri). Hasil penelitian, diperoleh data bahwa peserta didik yang ikut progam ini (berjumlah 30 orang), setelah satu s.d dua tahun ternyata terjadi peningkatan karakter yang signifikan pada diri mereka, terutama peningkatan karakter religius, tanggungjawab, disiplin, jujur, kreatif, mandiri, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 


Oleh sebab itu, SMKN 1 Sukanagara pada tahun 2018/2019 akan mengoptimalkan program ini, baik dari segi kurikulum kepesantrenan ataupun pemenuhan sarana dan prasarana. Terutama beasiswa khusus bagi peserta didik yang ikut program keagamaan berbasis pesantren ini.

Program ini dikatakan baru dan (bisa jadi) hanya di SMKN 1 Sukanagara program pengembangan keagamaan yang berbasis pesantren ini dilaksanakan. Perlu dukungan semua pihak terutama dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat agar program ini terus berkembang dan berkesinambungan, mengingat sangat pentingnya program ini sebagai salah satu upaya Penguatan Pendidikan Karakter peserta didik di SMKN 1 Sukanagara.(e.f.r)



Posting Komentar untuk "SMKN 1 Sukanagara; Optimalkan Program Keagamaan Berbasis Pesantren"