Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Sukanagara Berkurban


Imam Nawawi bin Umar Al Bantani Al Jawi dalam Kitab Nashoihul Ibad, menyebutkan, ada tiga keutamaan Nabi Ibrahim sehingga Allah SWT mengangkatnya menjadi khalilullah (kekasih Allah). Pertama, Nabi Ibrahim selalu mendahulukan perintah Allah SWT. Kedua, Nabi Ibrahim selalu tawakkal kepada Allah SWT, dan Ketiga, Nabi Ibrahim adalah pribadi yang peduli terhadap orang lain.
SMKN 1 Sukanagara mencoba menterjemahkan tiga keutamaan yang disandangkan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim tersebut dengan pelaksanaan kurban. Hari ini, Rabu, 23/08/2018 (11 Zulhijjah 1439 H) SMKN 1 Sukanagara melakaksanakan kurban dengan memotong satu ekor sapi dan dua ekor domba. Meskipun pada tahun ini bisa dibilang sedikit, tetapi tahun depan ditargetkan akan memotong dua ekor sapi dan lima domba.

Karena kegiatan ini berbasis pembelajaran, maka pelaksanaan pemotongan hewan didahului dengan penjelasan tatacara pemotongan hewan serta uraian hikmah disyariatkannya qurban, yang disampaikan oleh Ustad Acep Kohar. Selepas pemotongan, daging qurban sebagian besar diberikan kepada masyarakat sekitar lingkungan sekolah dan sebagian lagi dimasak dan dikonsumsi secara bersamaan oleh guru-guru dan siswa.

Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan; pertama, lebih meyakini bahwa ibadah qurban adalah syariat yang diperintahkan Allah SWT, sehingga mereka termotivasi untuk melaksankannya. Kedua, dengan mengalami sendiri dalam tatacara pelaksanaan kurban, siswa diharapkan memiliki kemampuan memotong hewan dengan benar. Ketiga, dengan berbagi daging qurban kepada masyarakat, tumbuh dalam diri mereka sikap dan kepribadian yang peduli terhadap orang lain.

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Sukanagara Berkurban"